About GPdI Alfa Omega Cinere

Sejarah Singkat Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Alfa Omega Cinere

Pelayanan GPdI Alfa Omega Cinere dirintis oleh Pdt. Johny P. Keintjem (Gembala). Secara kelembagaan, GPdI Alfa Omega Cinere resmi berdiri pada tanggal 12 Februari 1985, ditandai dengan dilantiknya Gembala oleh Majelis Daerah (MD) Jawa Barat dan diterbitkannya SK Pendirian GPdI Alfa Omega.

Perintisan GPdI Alfa Omega Cinere diawali dengan peninjauan lokasi pada bulan Oktober 1984 oleh Gembala bersama dengan (Alm.) Brigjen Santoso Puspokusumo. Ibadah perdana dihadiri oleh 12 (dua belas) jemaat sekitar lokasi disertai beberapa orang dari Yayasan Pancaran Sinar Anugerah, dengan menumpang di rumah Bpk. Ayub Soekardjo di Jl. Madura. Setelah 2 (dua) tahun, tempat ibadah berpindah dan menumpang di rumah Keluarga Keintjem Moningka di Jl. Bali dan berlangsung selama 1 (satu) tahun.

Pada tahun ke-4 dengan jumlah jemaat mencapai sekitar 20 orang, Gembala mengganggap perlu untuk mengadakan tempat ibadah yang lebih layak. Untuk itu, ia menyewa sebuah rumah untuk dijadikan tempat ibadah sekaligus pastori (tempat tinggal gembala dan keluarganya. Dalam rangka pengembangan pelayanan, ia beserta seluruh jemaat terus berdoa agar Tuhan memberikan tempat ibadah sendiri. Doa tersebut dikabulkan oleh Tuhan dengan terlaksananya pembelian tanah seluas 300 m2, yang kemudian di atasnya dibangun gereja dan pastori.

Pembangunan gereja pertama tersebut dimulai dengan ketersediaan dana sebesar Rp. 1.350.000,- (satu juta tiga ratus lima puluh ribu rupiah). Peletakkan batu pertama dilakukan pada tanggal 4 Februari 1989 oleh Pdt. Johny P. Keintjem. Dalam jangka waktu 9 (sembilan) bulan, pembangunan tersebut terselesaikan dengan luas bangunan (7 x 15) m2, total dana Rp. 79.000.000.

Dengan didasari oleh Tri Panggilan Kristiani yakni bersekutu, bersaksi dan melayani, seluruh jemaat dibawah bimbingan Gembala berkomitmen membawa visi dan misi Kristus serta saksi dan teladan dalam kehidupan rohani masyarakat sekitar. Buah dari pelayanan tersebut adalah makin banyak jiwa yang datang berhimpun didasari oleh kerinduannya untuk mencari Tuhan.

Pertumbuhan jemaat tersebut mendorong upaya perluasan gedung gereja. Gagasan tersebut muncul pada tahun 1998. Gagasan tersebut didoakan secara terus-menerus sampai akhirnya Gembala dan jemaat dapat membeli tanah di samping gereja seluas 1000 m2.

Pembelian tanah tersebut selalu dikenang sebagai kesaksian oleh Gembala. Pada saat pertama kali Gembala menghubungi pemilik tanah, ternyata tanah tersebut sudah ada peminatnya dan pemilik menyatakan tidak menghendaki tananhya dijual kepada pihak gereja. Selanjutnya, transaksi antara pemilik dan peminat pertama memang terlaksana, bahkan dalam waktu singkat, pemilik baru langsung membangun pagar tembok sekeliling tanah tersebut. Harapan untuk memperoleh tanah tersebut seolah-olah tertutup.

Namun, harapan untuk memperoleh tempat ibadah yang lebih besar tak henti didoakan. Bahkan diadakan doa khusus, semalam suntuk untuk meminta hal tersebut. Hasilnya, jerih payah di dalam Tuhan tidak sia-sia! Mujizat menakjubkan terjadi ketika doa semalam suntuk diadakan. Seketika  bunyi yang sangat keras terdengar. Ternyata pagar yang dibangun tinggi dan kokoh sekeliling tanah tersebut roboh. Peristiwa tersebut menyebabkan sang pemilik baru mengijinkan tanah tersebut untuk dibeli oleh GPdi Alfa Omega Cinere. Sukacita dan ucapan syukur Gembala dan jemaat ditambahkan lagi dengan terbitnya Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) pada akhir tahun 2000. Pembangunan gereja pun dimulai dan berlangsung dengan lancar. Pada tanggal 23 Oktober 2003, pembangunan selesai. Gedung gereja diresmikan oleh Pdt. A.H. Mandey selaku Ketua Majelis Pusat GPdI Indonesia.

Puji Tuhan!

——-

GPdI Alfa Omega Cinere

Jl. Galunggung Blok J-17, Cinere-Limo

Depok, Jawa Barat, 16514

(021) 7542310   |   gpdialfaomegacinere@gmail.com

Gembala: Pdt. Johny P. Keintjem

Advertisements

13 thoughts on “About GPdI Alfa Omega Cinere

  1. Syalom.Tuhan itu ajaib!.luar biasa.kiranya Tuhan akan selalu memberkati.ey bpk keintjem.makin banyak.menjangkau jiwa2 yg haus akan.kebenaran..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s